Lumajang Kota pisang

Selasa, 23 Juni 2015


Lumajang adalah kota yang disebut juga kota pisang. Mengapa demikian ? karena lumajang terkenal dengan buah pisangnya yang juga dijadikan icon kota lumajang yaitu pisang agung. Apa itu pisang agung? Pisang agung adalah pisang dengan ukuran yang sangat besar. Karakteristik pisang agung adalah ukuran yang besar, tidak lembek, dan berasa manis daripada pisang berukuran besar lainnya seperti pisang tanduk.
Karena tekstur dan rasanyalah pisang agung banyak dijadikan olahan oleh penduduk lumajang menjadi selai pisang, dodol, kripik dan lain lain. Selain itu setelah dilakukan percobaan diketahui bahwa pisang agung hanya dapat berbuah besar dan manis hanya pada daerah kabupaten lumajang tepatnya di senduro dan dijadikanlah pisang agung sebagai icon lumajang.


Selain itu ada juga pisang dari kabupaten lumajang yang sangat terkenal bukan hanya dalam negeri tapi juga sampai Negara lain yaitu pisang mas kirana. Pisang mas kirana memiliki karakteristik berukuran sekitar 9cm, berkulit kuning keemasan dan berbuah manis. Kenapa pisang ini sangat diminati? Karena kandungan yang terdapat didalamnya. Pisang ini berkhasiat menyembuhkan dan mencegah berbagai macam penyakit  dan sebagai terapi. Selain itu pisang mas kirana juga dapat menurunkan tingkat stress sehingga banyak diekspor ke jepang,Australia dan berbagai Negara di eropa jadi tak heran kalau harganya cukup mahal dibanding pisang lainnya.



Berhubungan dengan lumajang, ada banyak sekali destinasi wisata yang bisa kita jadikan pilihan untuk berwisata. Ada banyak air terjun ,pantai dan tempat lain yang bisa dijadikan tempat wisata. Tempat wisata yang terkenal adalah puncak mahameru yaitu puncak gunung tertinggi di pulau jawa,gunung semeru. Dan juga danau yang sangat indah yaitu ranu kumbolo yang disebut surganya mahameru.
Selain itu ada juga destinasi wisata yang sekarang sedang naik daun yaitu puncak b29. Puncak b29 adalah bukit dengan ketinggian 2900m diatas permukaan air laut. Dari sana kita bisa melihat sunrise yang begitu indah dan setelah sunrise itu kita bisa melihat lautan awan disekitar kita. Setelah awan hilang kita akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan yaitu lautan pasir dan gunung bromo.





Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ramanda Aria's blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger